BAB 1
PENDAHULUAN
Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan
kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan
penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan
resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital.
Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara,
animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan
disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan
user. Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik
perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik,
perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir
diseluruh aspek kegiatan.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool)
dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya
dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf
dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam
bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia
dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya
(reality).
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari
dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan
dalam sistem e-learning.
BAB 2
ISI
Multimedia merupakan penggabungan lebih dari satu media
menjadi suatu bentuk komunikasi yang bersifat multimodal atau multichannel
(Heinich, 2002; Boyle, 1997; Rieber, 1994). Multimedia telah banyak digunakan
oleh para guru dan dosen untuk menyampaikan materi ajarnya kepada para siswa
dan mahasiswa. Software-software presentasi seperti Microsoft PowerPoint
menggabungkan berbagai jenis media ke dalam suatu paket presentasi yang
menarik, yang akan menarik perhatian dan meningkatkan motivasi para pembelajar
(Jonassen dkk, 1999).
2.1. Aplikasi Multimedia
Berbagai aplikasi multimedia dapat dilihat pada Tabel 1.
Tampak bahwa aplikasi multimedia sangat luas.
Tabel 1 Aplikasi multimedia
Aplikasi
Keterangan
Presentasi bisnis
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk
menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
Pelatihan berbasis komputer
(CBD/Computer Based Training)
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang
pengetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh, CBT digunakan untuk
menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak
hanya tata cara membesihkan busi yang dapat divisualisasikan, tetapi bunyi
percikan api ketika busi dites juga diperdengarkan.
Hiburan
Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk
membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
Pendidikan
Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajara-pelajaran
yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara
konvensional.
Penyajian informasi
Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau
kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu, multimedia juga
memungkinkan penerbitan elektronis, baik dalam bentuk buku elektronis maupun
koran elektronis.
Kios interaktif
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada
tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat berinteraksi
dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
Telekonferensi
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap
melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing komputer pemakai.
2.2. Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan
multimediapaling tidak memiliki kompenen yang disebut kartu suara (sound card)
sepasang speaker, dan mikropon.
Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer
mendukung pemrosesan audio.
Speaker adalah peranti untuk menyajikan suara.
Mikropon adalah peranti untuk menerima suara manusia.
Umumnya komputer sekarang telah dilengkapi komponen-komponen
tersebut.
Untuk membentuk aplikasi multimedia, bermacam-macam
peralatan dapat digunakan. Gambar 1 memperlihatkan semua piranti yang dapat
digunakan untuk membangun aplikasi multimedia.
Gambar 1 Berbagai peralatan yang digunakan dalam aplikasi
multimedia
2.3. Elemen Multimedia
Sebagaimana tersirat dalam definisi multimedia di depan,
elemen multimedia meliputi :
Teks,
Suara,
Gamabar statis,
Animasi, dan
Video.
2.3.1. Teks
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam
menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI.
Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.
2.3.2. Suara
Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi
tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara melafalkan sebuah kata dalam
bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai dapat mendengar bunyi suatu kata
dengan tepat.
Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format. Tabel 2
memperlihatkan tipe-tipe berkas suara.
Tabel 2 Format berkas suara pada komputer
Format
Ekstensi
Keterangan
AIFF
.aif
Kepanjangannya adalah Audio Interface File Format, merpakan
standar berkas suara tersempel pada komputer Apple.
AU
.au
Format suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun.
Terkenal di lingkungan UNIX.
MIDI
.mid
Kepanjangannya adalah Musical Instrument Digital Interface,
merupakan format suara yang khusus menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk
suara.
MP3
.mp3
Format yang umum digunakan untuk lagu.
WAVE
.wav
Format suara yang biasa dipakai untuk windows.
WMA
.wma
Kepanjangannya adalah Windows Media Audio, merupakan berkas
suara yang mempunyai kualitas seperti CD tetapi dengan ukuran berkas hanya
setengah dari ukuran berkas MP3.
Berbagai perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam
suara. Sebagai contoh, Sound Recorder yang tersedia pada Windows dapat
digunakan untuk merekam suara dengan format WAVE.
2.3.3. Gambar Statis
Kata pepatah, “Gambar mewakili seribu kata”. Hal ini
mencerminkan bahwa sebuah gambar seringkali dapat lebih berarti bagi seseorang
dari pada sejumlah kata.
Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya
adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Untuk melakukan
pemampatan ini, ada dua teknik yang dikenakan. Yang pertama dinamakan teknik
lossless dan yang kedua adalah teknik lossy. Teknik pemampatan lossy adalah
suatu teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil
pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia
kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil
mungkin. Teknik pemampatan lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan
gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.
Banyak format gambar yang telah diimplementasikan dalam
sistem komputer. Beberapa format terkenal dapat dilihat pada Tabel 3.
Tabel 3 Format beberapa gambar pada komputer
Format
Ekstensi
Keterangan
BMP
.bmp
Kepanjangannya adalah BitMap Grafics. Format yang biasa
digunakan pada DOS dan Windows.
CDR
.cdr
Format gambar yang dihasilkan CorelDraw.
DXF
.dxf
DXF (Drawing eXchange Format) adalah format gambar yang
dihasilkan program AutoCAD.
EPS
.eps
Kepanjangannya adalah Encapsulated PostScript. Format yang
dapat digunakan untuk teks dan gambar.
GIF
.gif
Kepanjangannya adalah Grafics Interchange Format. Dikembangkan
oleh Compuserve pada tahun 1987. Hanya dapat menangani 256 warna.
HPG
.hpg
Format dari Hewlett Packard (Hewlett Packard Graphics
Language).
JPG
.jpg
.jpeg
.jpe
Kepanjangannya adalah Joint Photographic Expert Group.
Tingkat kompresinya sangat tinggi.
PCX
.pcx
Format yang digunakan oleh perangkat lunak Paintbrush.
PNG
.png
PNG (Portable Network Graphics) dirancang oleh W3C (World
Wide Web Consortium) untuk menggantikan GIF dan JPEG. Formatnya didesain supaya
tidak tergantung pada mesin, sehingga dapat ditangani oleng sembarang jenis
komputer dan sistem operasi.
TGA
.tga
Format Targa (TGA) merupakan format berkas gambar yang
dimuat oleh True Vision, Inc. untuk mengimplementasikan true color (warna alami
yang mengandung jutaan warna).
TIFF
.tif
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format. Format ini
bisa digunakan pada desktop publishing.
WMF
.wmf
Kepanjangannya adalah Windows MetaFile. Biasa dijumpai pada
Windows.
WPG
.wpg
Format gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect.
Berbagai perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar
statis. Adobe Photoshop merupakan contoh perangkat lunak terkenal di Windows
yang digunakan untuk memanipulasi gambar dan foto. Di lingkungan Linux terdapat
GIMP. Paint merupakan program grafik sederhana yang dapat digunakan untuk
membuat gambar dengan menggunakan mouse.
2.3.4. Animasi
Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak.
Berbagai teknik animasi telah diciptakan. Cara sederhana untuk membuat gambar
bergerak adalah dengan menggunkan sejumlah gambar yang berbeda sedikit. Sebagai
contoh dapat dilihat pada Gambar 2, gambar-gambar tersebut jika ditampilkan
pada layar secara berturut-turut dan bergantian, maka terkesan pesawat ruang
angkasa yang sedang melepaskan roket pendorong.
Gambar 2 Deretan gambar untuk membentuk animasi pesawat
ruang angkasa ysng sedang melepaskan roket pendorong.
Cara ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan perangkat
lunak seperti Ulead GIF Animator, yang akan membuat deretan gambar tersebut
disimpan pada sebuah berkas dengan eksistensi .gif.
Teknik animasi yang lain yang sangat terkenal adalah
morphing. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan konsep metamorfose dari suatu
gambar awal menjadi gambar akhir. Teknik ini digunakan pada film Terminator.
2.3.5. Video
Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik
mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi.
Istilah video juga digunakan sebagai singkatan dari videotape, dan juga perekam
video dan pemutar video.
Banyak format video yang telah diimplementasikan dalam
sistem komputer. Beberapa format terkenal dapat dilihat pada Tabel 4.
Tabel 4 Format berbagai video pada komputer
Format : AVI
Keterangan: Kepanjangannya adalah Audio/Video Interleaved,
merupakan standar video pada lingkungan windows.
Ekstensi : .avi
MOV
Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video
yang paling banyak digunakan di Web.
MPEG
Kepanjangannya adalah Motion Picture Experts Group,
merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD.
Contoh perangkat lunak terkenal yang biasa digunakan untuk
membuat film dengan format AVI ataupun yang lain yaitu Adobe Premiere. Windows
juga menyediakan perangkat lunak untuk keperluan ini, yaitu Windows Movie
Maker.
2.4. Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia
Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat
aplikasi multimedia disebut multimedia authoring system (atau sering disebut
authoring software). Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software
yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dapat kita tarik beberapa kesimpulan tentang peranan
multimedia dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
Multimedia dapat digunakan untuk membantu pembelajar
membentuk model mental yang akan memudahkannya memahami suatu konsep.
Pemanfaatan multimedia dapat membangkitkan motivasi belajar
para pembelajar, karena adanya multimedia membuat presentasi pembelajaran
menjadi lebih menarik.
3.2 Saran
Perlu diperhatikan juga bahwa sesuatu yang menarik tidak
secara otomatis mudah dipahami karena adakalanya, suatu tampilan yang menarik
justru akan memecah fokus perhatian pembelajar. Penggunaan multimedia harus
benar-benar dipilih sesuai kebutuhan. Ada beberapa materi pembelajaran
(terutama yang kompleks) yang memerlukan multimedia, tetapi ada juga materi
pembelajaran yang cukup disampaikan secara lisan saja, tanpa perlu bantuan
perangkat multimedia karena cukup sederhananya materi tersebut.
Saeful B Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar